Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

5 Tips Ini Akan Sangat Membantu Kamu Dalam Memilih Kemeja Batik Yang Tepat

Cara memilih kemeja batik yang tepat bisa kamu lakukan karena memang caranya cukup mudah. Hal ini dirasa sangat penting dan wajib kamu ketahui agar penampilanmu ketika memakai kemeja batik menjadi lebih maksimal. Karena penampilan dapat mencerminkan seseorang, maka inilah topsnya. Oke langsung saja! Mungkin kebanyakan dari kamu beranggapan bahwa kemeja batik dan kemeja biasa itu sama saja, ya sama-sama kemeja, namun dugaan tersebut ternyata salah. Kemeja batik pria dengan kemeja biasa ternyata tidaklah sama, karena selain karena kemeja batik memiliki pola dan motif, bahan kainnya juga berbeda dengan bahan kemeja pria pada umumnya. Maka dari itu, ada baiknya bila Anda mengetahui beberapat tips untuk memilik kemeja batik agar tidak kecewa pada saat memakainya dan meskipun disimpan warna dan motifnya tidak pudar. Dengan kemeja batik kamu juga bisa tampil Gaya dan Stylish.


Memilih sebuah kemeja batik untuk pria berbeda dengan saat anda membeli sebuah gaun batik buat wanita. Hal ini disebabkan jenis baju kemeja batik untuk pria jumlahnya sangat terbatas. Baju batik yang umum untuk pria yakni dengan model kemeja dapat di kombinasikan  dengan celana panjang dari kain sedangkan kaos batik kerap digunakan pria untuk acara santai dengan kombinasi celana pendek kain atau celana panjang jeans. 

Bila dibandingkan dengan model baju batik wanita, model dan motif baju pria lebih terbatas, karena jenis pakaian formal pria adalah kemeja, sedangkan celana dan kaos yang bermotif batik lebih banyak digunakan untuk suasana atau acara yang lebih santai. Bagi pria yang bekerja di kantor baik di instansi pemerintah maupun swasta terkadang ada beberapa acara atau momen khusus yang mengharuskan mereka untuk tampil lebih elegan dan serius dengan memakai batik dan tenun pria negarawan, dan ada pula acara yang semi formal yang lebih santai namun Anda tetap harus tampil trendy, rapi dan modern. Namun Anda tentu tidak ingin salah kostum dengan memakai kemeja batik lengan panjang dari bahan sutra dalam suasana semi formal untuk menemani klien makan siang di Mall. Oleh karena dibawah ini kami berikan beberapa tips dalam memililh kemeja batik.



5 Tips Memilih Kemeja Batik Pria

Kemeja batik pria dapat digunakan di dalam seluruh kondisi seperti kantor, pesta dan kuliah. Namun anda harus memastikan dan memilah kemeja batik mana yang paling cocok untuk dipakai pada situasi yang sedang anda hadiri, tentukan warna, corak kain dan modelnya, jangan sampai memberi kesan norak atau asal tabrak sehingga acara anda menjadi berantakan. Seperti bila anda jalan-jalan ke mall, paling serasi mengenakan kemeja batik dengan lengan panjang dari bahan sutra yang dipadu-padankan dengan celana panjang jeans, anda akan terlihat keren.

Memakai batik dan tenun pria negarawan pada acara dan momen-momen tertentu sangatlah penting, selain untuk memberikan kesan elegan, rapid an serius, juga membuat Anda tampil percaya diri saat harus berhadapan dengan klien ataupun pejabat penting. Agar Anda tidak salah dalam memilih kemeja batik yang sesuai dengan acaranya, berikut ini kami berikan 5 tips memilih kemeja batik pria, yaitu :

Sesuaikan bahan kemeja batik pria dengan acara yang akan Anda hadiri

Untuk kemeja batik yang akan digunakan dalam acara resmi atau pun pesta yang akan dihadiri oleh banyak keluarga, klien maupun pejabat sebaiknya gunakan batik yang berbahan sutera atau bahan satin (permukaan licin dan berkilau) dengan model kancing depan dan lengan panjang. Sedangkan untuk acara semi formal yang diadakan dikantor pilihlah kemeja batik yang berbahan katun agar mudah menyerap keringat dan mudah dirapikan.

Tetapkan motif yang sesuai dengan karakter atau kepribadian anda. Ada motif-motif spesifik yang membuat si pemakainya tampak berwibawa. Almarhum Bapak Iwan Tirta, sang maestro batik Indonesia, memiliki kiat jitu untuk menonjolkan kewibawaan si pemakai baju batik ketika mereka harus tampil di depan umum. Beliau menjadi besar karena terkenal akan motif-motif batik yang cantik pada kain rancangannya. Efeknya sangat kentara, si pemakai batik terlihat gagah dan elegan.

Pada saat membeli kemeja batik sesuaikan dengan tujuan dan kebutuhan Anda

Pastikan saat membeli kemeja batik Anda mengetahui kebutuhan dan tujuannya, jangan sampai Anda hanya membelinya hanya karena ikut-ikutan tren, dan yang paling parah adalah apabila Anda sebenarnya tidak begitu menyukai warna dan motifnya.

Cocokkan dengan biaya yang anda miliki. Baju batik mahal belum tentu cocok atau serasi dengan kepentingan anda. Pada umumnya, harga baju batik yang mahal dipengaruhi oleh sistem pembuatan dan jenis bahannya. Baju dari batik catat atau batik yang berbahan dasar sutra jelas bernilai di atas rata-rata. Jika ingin baju yang terkesan mewah namun dengan harga yang terjangkau, baju dari batik Cap juga tak kalah menawan. Yang perlu anda perhatikan adalah jahitannya, harus rapi atau bersih. 

Pilihlah kemeja batik dengan model dan motif yang sesuai dan cocok dengan kepribadian Anda

Pilihlah motif kemeja batik yang dapat membuat Anda lebih berwibawa, apalagi bila akan digunakan untuk momen istimewa dan acara formal, kami sarankan pilihlah batik dengan motif besar agar memberikan kesan elegan dan gagah. Sedangkan bila Anda termasuk orang yang santai, trendi dan modern kami sarankan untuk memilih motif yang geometris agar terkesan lebih modern dan rapi.

Tetapkan kemeja batik yang cocok dan serasi untuk segala situasi dan kondisi. Hindari memilih kain batik dengan model tren tapi tidak cocok dengan kepentingan anda. Lebih kronis lagi, jika sebenarnya anda tidak menyukainya namun waktu membeli baju kemeja batik tersebut kurang mendapat pengarahan sehingga salah beli dan akhirnya tidak serasi 


Bagi Anda yang ingin berlibur ke pantai atau hang out bersama teman-teman, motif batik pesisiran sangat cocok buat Anda pakai, karena akan memberikan kesan santai dan friendly.

Pilihlah kemeja batik yang sesuai dengan warna kulit dan ukuran tubuh Anda

Dalam memilih kemeja batik sebaiknya jangan hanya didasarkan warna kesukaan saja, akan tetapi perhatian warna dan motif yang cocok dengan warna kulit Anda, jangan sampai warna atau motifnya memberikan kulit Anda menjadi lebih gelap atau kusam. Begitupun dengan memilih ukurannya, pastikan Anda mencobanya dikamar pas atau Anda benar-benar tahu ukuran baju Anda, hal ini penting karena kemeja akan nampak memberikan kesan lebih gagah bila ukuran kemeja tersebut pas, tidak kebesaran dan tidak kekecilan.

Tetapkan bahan yang cocok untuk kemeja batik anda. Untuk ke pesta, anda bisa memastikan kemeja batik dengan model lengan panjang memiliki bahan dari sutra. Apabila tidak cocok biaya, tetapkan saja kemeja berbahan satin. Kesan mewah dapat anda miliki dari kain satin sama persis meyerupai kain sutra karena permukaanya yang licin dan bersinar. Toko-toko batik di Pekalongan kerap menyebut batik bahan satin sebagai Sutra Kecewa. Untuk ke kantor, yakinkan bahan yang digunakan adalah rapi dan mudah menyerap keringat dengan baik seperti kain katun.

Sesuaikan dengan keadaan finansial Anda (budget)

Dalam memilih kemeja batik pria sebaiknya sesuaikan dengan budget Anda, pilihlah yang harganya lebih terjangkau namun bahannya cukup bagus, motifnya berkesan mewah, dan jahitannya rapi.

Tentukan motif yang sesaui dengan hasrat anda. Seperti yang anda ketahui bahwa batik Indonesia mempunyai beberapa ratus jenis serta motif yang beragam variasi dan sangat menarik perhatian para pembeli. Dari sistem pembuatannya saja dikatagorikan menjadi : batik Tulis Tangan, gabungan Tulis serta Cap, sablon Malam, Printing serta Pabrikan. Pastikan design kemeja batik pria modern yang akan anda beli adalah unik serta tidak pasaran dan sudah pasti berharga relative lebih murah. Hindari memilih kemeja batik pria modern yang diproduksi dengan cara massal, mengakibatkan kemungkinan anda dapat berjumpa dengan seseorang yang lain kebetulan menggunakan baju batik yang sama dengan milik anda.

Post a Comment for "5 Tips Ini Akan Sangat Membantu Kamu Dalam Memilih Kemeja Batik Yang Tepat"