Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Memaksimalkan Peran Bargaining Power

Apapun profesi kita baik sebagai pebisnis ataupun karyawan, tentunya sepakat jangan melupakan yang satu ini. Yaitu memaksimalkan peran bargaining power (daya tawar) demi menunjang perkembangan profesi kita tersebut.

Bergaining power atau kemampuan yang kita miliki baik yang datang secara alami karena lingkungan ataupun yang kita gali lewat belajar formal ataupun informal, memang sangat penting. Makanya tidak heran jika kita sering jumpai di masyarakat banyak fakta, kok bisa ya seorang sarjana teknik sipil sukses dalam bisnis internet. Kok bisa ya seorang sarjana ekonomi  sebagai project manager di proyek?

Kok bisa ya hanya lulusan SD menjadi pengusaha yang sangat sukses? Dan masih banyak lagi kejadian-kejadian “kok” lainnya yang menurut kita impossible. Ya, itu semua bisa terjadi karena orang-orang tersebut itu telah memaksimalkan peran bargaining powernya agar lebih maksimal lagi.

Lalu bagaimana usahanya agar bargaining power yang kita miliki bisa maksimal?

Kuncinya sebenarnya sederhana saja yang penting adalah mau meningkatkan ketrampilan pribadi. Berikut tips-tipsnya yang saya pikir bisa diaplikasikan oleh kalangan pebisnis konvensional, pebisnis internet atapun karyawan adalah sebagai berikut :

1.      Ketrampilan komputer

Tidak bisa dipungkiri lagi pengetahuan dan ketrampilan komputer merupakan alat bantu yang sangat dibutuhkan. Bagi pebisnis konvensional atau juga karyawannya alat ini sangat memegang kendali di setiap lini dalam suatu perusahaan. Apalagi dalam bisnis internet yang notabene tidak bisa kerja tanpa komputer. Selalu meningkatkan diri untuk meningkatkan ketrampilan sangat dianjurkan, tentunya disesuaikan dengan spesialisasi bidangnya masing-masing.

2.      Ketrampilan komunikasi

Dalam bisnis internet ketrampilan komunikasi bisa dimulai dengan rajin blogwalking atau meninggalkan komentar. Dengan rajin menjalin komunikasi tentunya akan menambah relasi bisnis kita yang sangat diperlukan baik jangka pendek ataupun jangka panjang. Dengan rajin komunikasi diharapakan akan memperkaya wawasan atau ide, sehingga ujung-ujungnya akan meningkatkan produktivitas yang tentu saja sangat baik untuk situasi berbisnis.

3.      Ketrampilan bahasa

Dalam era globalisasi ini dalam bisnis apapun, ketrampilan bahasa sebenarnya sangat memegang peranan vital. Maka itu berbahagialah semua bagi rekan-rekan netter yang mempunyai ketrampilan dan kemampuan dalam berbahasa asing seperti bahasa Inggris, China, Jepang ataupun Perancis yang belakangan sangat diminati oleh para pebisnis ataupun beberapa perusahaan baik yang local ataupun modal asing.

Btw sebelum ada yang berkomentar apa saya paham terhadap salah satu bahasa asing tersebut? Ha..ha.. yang jelas bahasa asing saya adalah bahasa planet, “Wis madang durung?” Kalau China dan Perancis nyerah deh. Kalau Inggris, “Little-little maybe no problem.” Kalau Jepang, “Sukoshi dake daejobu desyo? Anata no onamae wa dare desuka?”


Sebenarnya masih ada beberapa ketrampilan lain untuk meningkatkan bargaining power. Atau mungkin rekan-rekan ingin menambahkan, silahkan!

Post a Comment for "Memaksimalkan Peran Bargaining Power"