Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Mengintip Kepuasan Pelanggan Lewat Aktivitas Pengelola

Sebuah kebanggaan tersendiri bagi saya khususnya dan juga sebuah tantangan yang menarik. Kalau mengamati begitu bergeliatnya bisnis internet terutama lewat produk-produk yang bermunculan, yang lama ataupun yang baru. Baik yang berupa produk informasi ebook ataupun CD tutorial.

Sehingga para pelanggan yang hanya sekedar buat koleksi ataupun yang serius untuk menjadi reseller begitu dimanjakan. Apa yang membuat produk-produk mereka bertahan dan survive dari serbuan para pesaing yang sepertinya tiada henti?

Ya bukan rahasia umum lagi, produk mereka bisa bertahan di bisnis maya ini karena kualitas produk dan pelayanan yang maksimal oleh para pengelolanya.

Namun juga jangan dilupakan, disamping dua factor tersebut di atas. Untuk mengetahui apakah pelanggan puas atau tidak terhadap produk-produknya. Kita juga bisa mengintip dari aktivitas pengelolanya. Katakanlah kita bak paparazzi yang selalu penasaran pada sepak terjangnya. Namun bukan paparazzi offline yang selalu nenteng-nenteng kamera, melainkan cukup mengintip aktivitas mereka lewat situs atau blognya.

Sekedar contoh yang saya kenal dengan mereka relatif lebih dekat dan sepertinya mereka menjadi selebritis di dunia maya yang begitu fenomenal adalah Mas Joko dan Mas Hengky.

Bayangkan, hanya lewat aktivitas dalam blognya. Mereka sepertinya sudah melakukan revolusi di dunia maya untuk menjaga kualitas produknya. Ini dibuktikan dengan begitu antusiasnya para membernya dalam setiap menunggu posting-postingnya. Walaupun bukan semata-mata karena produknya, tetapi setidaknya kunjungan para member dan rekan-rekan sudah menunjukan kepuasan mereka sebagai pelanggan, lewat aktivitas pengelolanya yang notabene sebagai blogger.

Mereka adalah senior yang sudah tidak diragukan lagi performanya. Lalu bagaimana dengan pebisnis baru yang seandainya akan launching produknya? Apakah lewat aktivitas di blognya, pelanggannya juga akan mengintip dan merasa terpuaskan?

Jangan kuatir. Para ahli marketer offline ataupun online meyakini bahwa kualitas produk adalah fundamental terhadap kepuasan pelanggan. Jadi selagi memang para pendatang baru senantiasa menjaga kualitas produknya dan tentu saja pelayanannya. Tentunya aktivitas pengelolanya lewat blognya akan senantiasa diintip oleh para membernya ataupun rekan-rekan netternya.

Salam Spektakuler! ***

Post a Comment for "Mengintip Kepuasan Pelanggan Lewat Aktivitas Pengelola"