Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Menulis Yang Baik Menurut Aristoteles

Siapa hayo… yang tidak tahu Aristoteles? Seorang filosof dan ilmuwan terbesar dalam dunia masa lampau yang hidup di tahun 384 SM, jadi sekitar 2400 tahun yang lalu.

Ternyata ada hal yang menarik tentang ajarannya dia, terutama bagaimana cara menulis yang baik. Menurut saya ini penting mengingat kita sebagai blogger atau pebisnis internet, yang tidak jauh-jauh dari aktivitas menulis. Untuk lebih jelasnya mari segera meluncur bersama :tkp

Dari sebuah buku kata-kata mutiara yang saya baca, Aristoteles memberi tips yang singkat namun sayangnya tanpa penjabaran, “Untuk menulis dengan baik, ekspresikan dirimu seperti orang kebanyakan, tapi berpikir bak orang bijaksana.”

Kira-kira bagaimana ya penjabarannya? Daripada membuat rekan-rekan jadi pusing, baiklah akan saya jabarkan versi saya.

Agar bisa menjabarkannya lebih mudah, saya akan memenggalnya menjadi dua yaitu sbb :

1. Ekspresikan dirimu seperti orang kebanyakan

Artinya untuk bisa menjadi penulis yang baik, kita harus bisa mengekspresikan atau mengungkapkan diri menjadi orang kebanyakan. Namun bukan berarti kita harus tahu segalanya. Melainkan cukup di komunitas kita saja. Sebagai contoh, kalau kita seorang ahli affiliasi, jadilah orang yang menerima penghasilan yang terbanyak. Maka jika disuruh menulis tentang affiliasi, maka dijamin akan menjadi penulis yang baik.

2. Berpikir bak orang bijaksana

Dalam penggalan yang kedua, Aristoteles sudah tahu bahwa tidak semua orang adalah bijaksana. Makanya dia menasehati berpikirlah bak orang bijaksana. Artinya untuk menjadi penulis yang baik, kita harus pandai “berpikir bak” tentang apa yang kita tulis. Jadi harus menjiwai, bak actor yang sedang acting.

Penjabaran di atas adalah murni versi saya. Kalau ada yang kurang puas, tentu saja… silahkan dituangkan dalam komentar untuk menambahkan atau melengkapi. Semoga bermanfaat !

Post a Comment for "Menulis Yang Baik Menurut Aristoteles"