Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Silahkan genggam duniamu!

Posting ini terinspirasi saat sedang mengikuti pengajian rutin mingguan di masjid dekat rumah.

Malam itu bada Isya gerimis turun rintik-rintik, menambah suasana malam menjadi lebih dingin. Namun demikian sedikit rasa kantuk yang menyerang, tak mengurangi antusiasku untuk terus mendengarkan Ustad Riki yang sedang berceramah.

“Agama tidak melarang umatnya untuk menggenggam dunia, tapi akherat harus tetap di hati!”

Hmm, menggenggan dunia! Apapula maksudnya ya, saya berpikir sejenak sebelum Pak Ustad melanjutkan pengajiannya lebih detail lagi.

Ternyata apa yang dimaksud dengan menggenggam dunia itu merujuk pada penggalan QS : Al Qashash : 77 yang artinya, “Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu kebahagiaan negeri akherat, dan janganlah kamu melupakan kebahagiaanmu dari kenikmatan dunia serta berbuat baiklah kepada orang lain sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di muka bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan.”

Ya sekarang sudah mulai jelas, bahwa yang dimaksud dengan “menggenggam dunia” oleh ajaran agama yang disampaikan Ustad Riki adalah bahwa kita sebagai manusia jangan melupakan kebahagiaan dari kenikmatan dunia ini.

Lantas jadi timbul pertanyaan, bagaimana agar bisa menikmati kebahagiaan di dunia ini? Jawabannya sungguh beragam dan intinya bisa ditebak. Bahwa untuk bisa menikmati kebahagiaan tentunya harus bekerja mencari nafkah. Sebab bagaimana bisa bahagia kalau tidak bekerja sebagai sarana untuk menikmatinya?

Arti bekerja sangat luas, bukan hanya untuk karyawan saja. Bahkan pebisnispun baik yang online ataupun offline, hakekatnya juga disebut pekerja.

Jadi tafsir ayat di atas sudah jelas kan, bahwa agama tidak melarang untuk bekerja bahkan sangat menganjurkan. Karena hidup adalah perjuangan, apapun profesi kita. Jadi kita saat ini yang sedang merintis ataupun yang sudah terjun dalam bisnis, semoga penggalan ayat di atas mampu menginspirasikan aktivitas kita agar bisa bekerja lebih baik lagi.

Tapi ingat, akhirat harus tetap di hati! Masalah ini, sobat netter tentu lebih tahu apa yang akan dilakukan! Yaitu keseimbangan dalam beribadah dan bekerja untuk tetap mengingat Allah SWT.

Salam spektakuler.***

Post a Comment for "Silahkan genggam duniamu!"