Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Pengertian Domain dan Hosting Yang Mudah Difahami

Pengertian Domain dan Hosting – Sebagian besar dari anda pastinya mengenal Google.com dan Facebook.com, untuk para penggemar fotografi pasti tidak asing dengan Fotografer.net, untuk para penggemar games pastinya selalu ingat Games.co.id. Itu tadi adalah domain-domain terkenal yang sering anda kunjungi bukan? Domain dan Hosting adalah bagian dari internet. Berikut ini penjelasan tentang pengertian domain dan hosting.

Apa itu Domain? Pengertian Domain adalah nama unik yang diberikan pada sebuah alamat IP agar mudah untuk mengingatnya. IP sendiri adalah alamat dalam sebuah jaringan (internet). Contoh IP: 173.194.65.106, 66.220.149.11 atau 202.129.216.26.

Nah, ribetkan kalau harus mengingat deret nomer-nomer IP tersebut. Maka dari itu Domain digunakan sebagai pengganti alamat suatu IP. Coba saja akses dengan browser anda untuk IP 173.194.65.106, nantinya akan terbuka laman website Google.com. Jadi, bisa dikatakan untuk Domain Google.com tersebut beralamat IP 173.194.65.106.

Penilisan Domain terdiri dari unsur Huruf, Angka dan tanda sambung (-). Contoh: bimasakti.info, bimasakti85.com, ingin-tahu.com

Pengertian Hosting adalah space/tempat menyimpan/menaruh file-file dalam suatu website. File-file tersebut disimpan dalam suatu komputer server. Bisa dianalogikan sebagai sebuah tanah dari suatu bangunan/rumah.

Untuk mempermudah Pengertian Domain dan Hosting, ambil suatu contoh kasus suatu bangunan rumah. Rumah anda (entah ngontrak atau milik sendiri) pastinya mencakup tanah, bangunan dan alamat rumah. Alamat rumah ini adalah sebagai DOMAIN, tanah adalah sebagai HOSTING, serta bangunan tersebut sebagai tampilan website anda.

Domain sendiri terbagi atas TOP LEVEL DOMAIN (TLD) dan SECOND LEVEL DOMAIN (SLD). TLD seperti COM, NET, GOV, INFO, ASIA, ORG, BIZ, dll (daftar lengkap http://data.iana.org/TLD/tlds-alpha-by-domain.txt). Sedangkan untuk SLD adalah nama Domain yang dipakai.
Contoh: dot INFO adalah TLD, dan BimaSkati.INFO adalah SLD

Sekian dulu postingan saya tentang Pengertian Domain dan Hosting. Semoga bermanfaat dan meembantu anda. Kalau ada kritik, saran ataupun koreksi jangan sungkan untuk meninggalkan komentar. Terima Kasih :D

Post a Comment for "Pengertian Domain dan Hosting Yang Mudah Difahami"