Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Monumen Nasional Wisata Edukasi Sejarah di Jakarta

Datang ke ibukota rasanya aneh jika anda tidak melihat Monas (Monumen Nasional), berdiri tegak di pusat kota membuat siapa pun yang singgah di Jakarta melihat kemegahan kebanggaan warga Indonesia. Pembangunan tugu monas atas komando langsung dari presiden pertama, Ir. Soekarno, dimana bangunan bersejarah ini dibangun mulai 17 Agustus 1961 dan dibuka untuk umum mulai 12 Juli 1975. 

Hal menarik dari tugu ini tentu saja pada bagian atasnya, mahkota dari tugu monas adalah tiga dimensi dari nyala api yang dilapisi dengan logam emas asli, bahkan sinarnya akan terlihat jelas dimalam hari, itulah kenapa monas jadi tempat wisata Jakarta dan sekitarnya yang memberikan nilai edukasi sejarah bangsa Indonesia.

Apa saja yang terdapat di Monas, tempat wisata Jakarta dan sekitarnya beresukasi sejarah
Monas memang sebuah monument bersejarah yang dibangun dengan banyak mengandung sejarah bangsa Indonesia, tinggi tugu monas 17 meter yang melambangkan tanggal kemerdekaan. Pada bagian yang menghadap Jalan Medan Merdeka Utara, terdapat kolam seluas 625 meter persegi pada malam hari terdapat pertunjukkan air mancur menari dengan tambahan efek suara dan lampu yang sangat cantik disaksikan langsung atau pun dari ketinggian gedung pencakar langit.

Terdapat pula relief mengelilingi monumen yang menggambarkan sejarah perjuangan rakyat Indonesia mencapai kemerdekaan, ada pula relief yang mengambarkan nusantara dari jaman kerajaan terbesar, seperti Singasari dan Majapahit. Ada pula museum sejarah nasional yang berisi 51 diorama, ini mengambarkan sejarah awal Indonesia, mulai dari jaman kerajaan, penjajahan, perjuangan kemerdekaan hingga orde baru jaman kepemimpinan Presiden ke dua, Suharto.

Penasaran dengan pemandangan di atas tugu monas, anda bisa menaiki elevator yang akan membuat pengunjung berada di ketinggian 115 meter, pelataran puncak bisa menampung hingga 50 orang dewasa. Bahkan setiap minggu jadi tempat wisata keluarga di Jakarta, karena banyak orang tua yang membawa serta bah hati mereka. Melihat pemandangan Jakarta dari atas, tersedia teropong bahkan saat cuaca sedang bagus anda bisa melihat pemandangan Gunung Salak.

Monumen Nasional akan buka pagi hingga sore hari, harga tiket masuk 20 ribu rupiah untuk dewasa dan 10 ribu untuk anak anak. Maka jangan heran jika akhir pekan monas jadi tempat wisata Jakarta dan sekitarnya faforit warga kota, jika ingin naik ke plataran atas, dikenakan biaya tambahan 7500 rupiah, monas akan tutup operasi di hari senin setiap akhir bulan.

Post a Comment for "Monumen Nasional Wisata Edukasi Sejarah di Jakarta"