Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Klasifikasi Usia Emas Pebisnis Internet

Di era generasi internet ini, dimana orang sudah begitu mudahnya mengakses internet dengan biaya koneksi yang relative cukup terjangkau di kantong. Rasanya masuk akal dan tidak mustahil jika orang-orang melirik pada peluang bisnis di dunia maya ini.

Sehingga dengan berbondong-bondong, entah itu pelajar/mahasiswa, masih nganggur, karyawan, bahkan hingga kakek nenek ikut tertarik menggelutinya. Sepertinya bisnis ini tidak mengenal sekat, batas ataupun usia. Pokoknya yang penting ada kemauan dan usaha, dan tentunya harus bisa membaca dan menulis.

Oleh karena itulah, saya mencoba mengklasifikasikan pebisnis internet berdasarkan usia. Karena mungkin saja kesuksesan pebisnis internet dipengaruhi oleh usianya saat memulai berbisnis tersebut. Adapun klasifikasinya adalah sebagai berikut :

Usia Muda : kurang dari 20 tahun
Berbahagialah sobat jika anda berusia ini. Sepertinya tidak ada halangan sama sekali, hanya masalahnya adalah terletak pada mental dan kedisiplinan. Karena merasa masih muda terkadang malah menyepelekan. Sehingga target-target proyek yang harus diselesaikan malah terbengkelai.

Usia Dewasa : 21  s/d 30 tahun
Sangat fantastik memulai bisnis di usia ini. Karena sudah berfikir serius tentang masa depan. Sudah bisa membedakan mana yang baik dan mana yang harus ditinggalkan untuk kebaikan masa depan. Tapi disisi lain juga harus hati-hati sebab jika tidak kuat iman karena masih punya darah muda juga. Maka kegagalan bisa saja membuat menjadi frustasi.

Usia Matang : 31  s/d 40 tahun
Ini bisa saja saya katakan sebagai usia yang riskan dalam usahanya memulai berbisnis internet. Karena di usia ini sebagian besar sudah mempunyai keluarga, anak dan isteri. Kalau memang tidak punya pekerjaan lain dan tidak ada alternative lain, maka saatnyalah harus serius di bisnis ini.

Arti serius, bukan berarti yang sudah lama tidak update posting blognya maka sudah mundur dari bisnis internet. Tidak juga. Faktanya ada beberapa rekan netter yang saya tahu karena juga “ampibi” punya kerja di offline, sudah sebulan bahkan lebih tidak posting tapi proyek bisnis onlinenya jalan terus :recsel.

Saya memahami, pebisnis internet kan tidak harus jadi blogger. Dan sebaliknya blogger juga belum tentu berbisnis karena hanya sekedar hobi saja. Tetapi kalau harus memilih, pebisnis internet yang merangkap  jadi blogger itu lebih baik ke depannya.

Usia Senja : lebih dari 41 tahun
Kalau yang mulai terjun di usia senja ini mungkin jarang ya. Tapi yang saya tahu ada juga beberapa orang bahkan ada yang sudah pensiun dari kerjanya baru mulai berbisnis online. Bisa jadi karena mengerjakannya tanpa beban alias nothing to lose, hasil bisnisnya malah lebih baik.

Rekan-rekan netter yang budiman, sebenarnya usia kita ada di klasifikasi mana itu tidaklah penting. Semua klasifikasi usia tersebut entah usia muda, remaja, matang atau senja pada dasarnya bisa kita jadikan sebagai “USIA EMAS” untuk menuju kesuksesan. Semuanya tergantung kita, bagaimana dalam menyikapinya dan mengelolanya. ***

Post a Comment for "Klasifikasi Usia Emas Pebisnis Internet"